Jumat, 30 Maret 2012

Andrea Hirata: Riwayat dan Karya


Andrea Hirata lahir di pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 24 Oktober 1982. Setelah menyelesaikan studi S1 ekonomi di Universitas Indonesia, Andrea mendapat beasiswa untuk mengikuti studi Master of Science di Université de Paris, Sorbonne, Perancis dan melanjutkan studi di Sheffield Hallam University, Inggris. Andrea bekerja sebagai pegawai di PT. Telekomunikasi Indonesia.

Ia adalah penulis tetralogi Laskar Pelangi. Novel tetralogi Andrea adalah: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Selain tetralogi laskar pelangi, Andrea juga menulis novel dwilogi Padang Bulan,  yaitu novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas.

Andrea dapat membuat orang tertawa, dan sedih bahkan menangis ketika membaca novelnya. Dengan pilihan kata-kata yang tepat, ia mengggambarkan situasi, tingkah laku dan perasaan anak-anak dan orang dewasa (guru) dalam kisah novelnya. Ia adalah seorang penulis yang teliti dalam mengamati situasi lingkungan, kondisi alam dan karakter manusia. Kisah maupun kata-kata dalam novelnya juga dapat memberi motivasi agar tidak mudah menyerah, tetap tekun meraih mimpi walaupun hidup dalam kesederhanaan dan kesusahan. Penggambarannya tentang beragam karakter manusia, alur cerita dan cara memunculkan suspense membuat novel-novel Andrea disukai semua kalangan, usia muda maupun tua.

Pada tahun 2008, sukses novel Laskar Pelangi disambut baik oleh produser, Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza untuk pembuatan film layar lebar. Mereka membuat film layar lebar berjudul Laskar Pelangi dan film ini pun sukses dalam ukuran jumlah penontonnya.

SCTV, operator televisi swasta juga ikut mengadaptasi novel Laskar Pelangi menjadi serial televisi dan menayangkan serial Laskar Pelangi. Pada tahun 2011, Mira Lesmana memproduksi pertunjukan musikal, Musikal Laskar Pelangi, yang ditampilkan di panggung-panggung teater dan tempat wisata di Indonesia dan Singapura.

Tidak hanya pihak swasta yang bereaksi positif, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) pun menggunakan peluang itu untuk menarik wisatawan ke kawasan Belitung. Kawasan pulau Belitung dijuluki Negeri Laskar Pelangi dengan promosi besar-besaran.

Pada bulan Maret 2012 Andrea Hirata menyepakati penerbitan novel Laskar Pelangi dalam bahasa Inggris berjudul The Rainbow Troops dengan Penerbit FSG (Farrar, Straus and Giroux) dan Kathleen Anderson Literary Management  di Amerika. FSG adalah salah satu penerbit terbaik di Amerika dengan kemampuan distribusi yang luas sehingga memungkinkan novel Andrea dikenal luas di dunia internasional. Banyak pemenang Nobel yang karyanya diterbitkan oleh Penerbit FSG. Penerbitan novel Laskar Pelangi akan berlanjut terus dan dalam proses penerjemahan dan peluncuran di berbagai negara, seperti Italia, Jerman, Belanda, Spanyol, Jepang, China, Vietnam, Taiwan, Korea, Australia, dan Prancis.

Gambar diambil dari halaman ini

Teks ditulis oleh Manaek Sinaga
Editor: Resna Ria Asmara

3 komentar:

  1. semoga impian mendapat nobel menjadi kenyataan,selamat buat Bang Adrea.tahun lahirnya bukan 1967 ya klu 1982 kayaknya terlalu muda.tx

    BalasHapus
  2. kabarnya Ibunda Yogi/Kucai sakit dan memerlukan bantuan biaya.saya berharap ada yang menyampaikan ke Miles/Mizan/Bang AH atau siapapun yang bisa membantu.semoga lekas sembuh.

    BalasHapus
  3. kabarnya Ibunda Yogi/Kucai sakit dan memerlukan bantuan biaya.saya berharap ada yang menyampaikan kepada Miles/Mizan/Bang AH atau siapapun yang bisa membantu.semoga lekas sembuh.

    BalasHapus